Senin, 05 Mei 2008

SEKILAS TENTANG AKUNTANSI

Kegiatan akuntansi akan selalu memerlukan jumlah dan ketelitian dalam pencatatan, penyesuaian serta jumlah pencatatan yang banyak tergantung dari kegiatan usaha. Untuk mempermudah kegiatan pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan, dapat dikembangkan sebuah program berbasis komputer. PPIMK FK Unibraw Malang mengembangkan program Sistem Akuntansi yang disebut "General Ledger". General Ledger atau dikenal dengan bukur besar, mengingat awal kegiatan pencatatan akuntansi akan dimulai dengan buku besar yang merupakan data dasar. Berbasis pada data tersebut, program ini juga menawarkan otomatisasi penyajian laporan rutin akuntansi.Dengan menggunakan program General Ledger akan didapatkan beberapa keuntungan, antara lain :
Waktu, sistem perhitungan yang otomatis berdampak pada penyelesaian laporan secara efektif dan efisien.
SDM, mengurangi kemungkinan kesalahan pengecekan kesesuaian data dan penyajian laporan secara cepat dan tepat
Metode yang digunakan dalam proses pencatatan transaksi adalah metode langsung. Bukti transaksi yang diterima oleh pihak keuangan harian langsung dimasukkan ke dalam jurnal. Selanjutnya laporan keuangan yang terdiri dari jurnal harian, junal periodik, buku besar bulanan, neraca, rugi laba dan cash flow dapat langsung ditampilkan tanpa harus menunggu akhir periode. Alur prosesnya dapat digambarkan sebagai berikut:
Bukti TransaksiDapat berupa Kwitansi, Nota pembelian, Faktur, voucher, dsb
JurnalPencatatan akuntansi, dimana ada 2 lajur antara debet dan kredit, sehingga perkiraan selalu ada yang bertambah dan ada yang berkurang.
ReplikasiProses otomatis pemasukkan kepada Buku Besar, sehingga akan diperoleh saldo akhir pendapatan dan pengeluaran selama periode terkait.
Laporan KeuanganTerdiri dari jurnal harian, junal periodik, buku besar bulanan, neraca, rugi laba dan cash flow.Penerapan sistem akuntansi yang baik akan sangat mendukung operasional Program General Ledger

Tidak ada komentar: